PROGRAM K3-TOOLS

Setelah kita mengetahui apa yang akan di Kelola, dalam menjalankan K3 berdasarkan tujuan K3 dengan 18 kriteria UU No 1 tahun 1970 Pasal 3. Untuk menciptakan tempat kerja yang aman bebas dari kecelakaan.

Apa program yang akan dilakukan, tentu sangat fleksibel sesuai penyakit yang ada di tempat kerja, potensi bahaya dan sifat kegiatan.


Program-program K3 untuk mengendalikan semua potensi bahaya agar 18 syarat keselamatan dapat terpenuhi.


Ada 20 Program K3 yang dapat dijalankan di tempat kerja:


1. Komitmen dan Kebijakan K3


Program pertama yang harus dijalankan, membangun komitmen dan kebijakan K3 perusahaan sebagai pondasi membangun K3

2. Organisasi dan Sumber Daya K3

Program berikutnya adalah membangun organisasi K3 yang solid dan mapan untuk mendukung penerapan K3 dalam perusahaan termasuk penyediaan sumber daya yang kompeten

3. Administrasi dan Prosedur

Mengembangkan dan menyusun pedoman, prosedur atau manual yang berkaitan dengan pengelolaan K3 dalam perusahaan. Disesuaikan dengan jenis kegiatan, potensi bahaya dan skala kegiatan.

4. Komite K3/P2K3

Membentuk dan mengembangkan kegiatan P2K3 atau Komite K3 sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Tujuannya adalah untuk mendorong keterlibatan semua pihak dalam K3.

5. Manajemen Risiko dan Bahaya

Melakukan program pengendalian bahaya secara terus menerus selama kegiatan masih berlangsung, mulai identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendaliannya.


6. Pembinaan dan Pelatihan


Mengembangkan program pembinaan dan pelatihan bagi seluruh pekerja disemua level dengan tujuan untuk memahami aspek K3 dalam menjalankan tugasnya masingmasing dan meningkatkan kompetensi dalam menjalankan pekerjaannya.


7. Cara Kerja Aman (safe work practices)


Mengembangkan prosedur cara kerja aman untuk setiap kegiatan yang ada dalam perusahaan terutama kegiatan yang mengandung risiko tinggi misalnya bekerja dike?nggian, Pengelasan, masuk ruang tertutup, bekerja dengan alat berat.


8. Keselamatan proyek/kegiatan baru


Mengelola semua kegiatan pembangunan atau proyek yang proyek baru atau modifikasi dan pemeliharaan.


9. Promosi dan kampanye K3


Mengembangkan program kampanye dan promosi K3 dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan K3 melalui peningkatan budaya K3 perusahaan.


10. Komunikasi K3


Mengembangkan dan menjalankan program komunikasi K3, untuk menyampaikan pesan, pembelajaran, peraturan kepada semua pihak baik internal maupun eksternal perusahaan.


11. Inspeksi K3


Melakukan inspeksi berkala semua fasilitas dan instalasi tahunan untuk memastikan semua peralatan dan tempat yang ada dalam perusahaan, baik inspeksi rutin, berkala, kerja dalam kondisi baik dan aman.


12. Keselamatan Kontraktor


Mengelola kontraktor yang bekerja di lingkungan perusahaan. Kontraktor merupakan pihak yang rawan kecelakaan sehingga perlu dikelola dengan baik.


13. Kesehatan dan Hygiene Industri


Mengelola aspek kesehatan kerja dan hygiene industri untuk memastikan tempat kerja aman dan sehat bagi pekerjanya.


14. Alat Pelindung Diri


Mengelola aspek APD bagi pekerja mulai perencanaan, penyediaan, pemantauan dan evaluasi penggunaan dan ketersediaannya.


15. Manajemen Kebakaran dan Peledakan


Mengelola potensi bahaya kebakaran dan peledakan, baik dari peralatan, proses, kegiatan kerja dan aktivitas lainnya, termasuk penyediaan alat pemadam kebakaran yang memadai.


16. Manajemen Lingkungan


Mengelola keselamatan lingkungan seperti mencegah dan mengendalikan air buangan, penyebaran gas, debu, kebisingan dan lainnya.


17. Pengukuran dan Pemantauan K3


Melakukan pemantauan berkala di tempat kerja melalui pengukuran seperti tangkat kebisingan, udara, dan lainnya. Termasuk juga melakukan pengukuran dan pemantauan kinerja K3 perusahaan yang bersifat lagging atau leading indicator.


18. Investigasi dan Pelaporan Insiden


Mengembangkan sistem pelaporan kecelakaan dan melakukan invistigasi jika ada kecelakaan untuk mencari factor penyebab dan mencegah tidak terulangnya kecelakaan serupa.


19. Tanggap Darurat


Mengelola dan mengembangkan sistem tanggap darurat yang menyangkut ketersediaan personil, peralatan dan prosedur yang baik.


20. Audit K3


Melakukan audit berkala baik secara internal maupun eksternal oleh pihak di luar perusahaan untuk memastikan apakah perusahaan telah menjalankan K3 dengan baik.



Untuk mencapai tempat kerja yang aman, maka fungsi K3 perlu menjalankan programprogram seperti di atas, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan, sifat kegiatan dan skala perusahaan.


Bagi perusahaan kecil dengan pekerja sedikit dan tidak mengandung risiko tinggi, tentu tidak seluruh elemen tersebut perlu dijalankan.


Dewasa ini, seluruh perusahaan yang menjalankan K3, pasti telah menjalankan berbagai program tersebut bahkan mungkin lebih banyak lagi.

Post a Comment for "PROGRAM K3-TOOLS"