Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dalam tulisan ini saya ingin menjelaskan mengenai sistem manajemen keselamatan dan Kesehatan kerja untuk melindungi keselamatan, Kesehatan pekerja dan lingkungan dengan memenuhi prosedur yang berlaku dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Penerapan sistem manajemen keselamatan dan Kesehatan kerja mencakup seluruh kegiatan operasi di perusahaan khususnya kegiatan yang berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Definisi :

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan kerja adalah suatu sistem yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada semua orang dan juga aset yang ada dilingkungan.

Menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja antaranya:

  1. Perusahaan harus memiliki rencana strategis untuk pengembangan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan mempertimbangkan risiko tinggi (penilaian risiko), persyaratan hukum dan lainnya, opsi teknologi, keuangan, operasional dan bisnis.
  2. Perusahaan memiliki sistem pengendalian dokumen.
  3. Perusahaan harus memiliki sistem Audit yang hasilnya bisa membuat perubahan perubahan untuk kemajuan perusahaan.
  4. Perusahaan harus mempunyai sistem peninjauan dari pihak manajemen.
  5. Perusahaan membuat sistem komunikasi untuk memberikan informasi kepada karyawan mengenai Keselamatan dan Kesehatan kerja.
  6. Perusahan membuat program pelatihan untuk memastikan fungsi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja  yang efektif.

Post a Comment for "Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja"