Human Performance (Kinerja Manusia)

Kesalahaan manusia telah terbukti menjadi faktor utama dalam hampir setiap kecelakaan serius dan fatal. maka itu anda harus fokus pada peningkatan human performance (kinerja manusia) sangat penting dalam mencapai hasil produksi bebas dari kecelakaan maupun kelalaian.

Gangguan dapat terjadi pada siapa saja. fakta mengatakan, semakin terbiasa kita akan suatu tugas, semakin mudah pula kita kehilangan fokus. kehilangan fokus dapat membawa kita pada kesalahan. Bahkan dengan kualifikasi pekerja tinggi dan alat terbaik serta pengalaman untuk membimbing kita, kita tetap harus siap secara pribadi untuk melakukan pekerjaan pada kapasitas tertinggi.

Resiko akibat kekeliruan dan cedera teriadi pada semua level pengalaman saat faktor individu atau organisasi, tuntutan pekerjaan, atau lingkungan pekerjaan mengganggu kemampuan kita untuk fokus pada pekerjaan kita.

Ada 4 item yang bisa mempengaruhi human performance (Kinerja manusia) antaranya :

  1. Faktor individu: Merasa stress, terganggu atau cemas karena bekerja atau masalah pribadi dan juga sangat lelah atau mempunyai banyak hal yang mengalihkan anda dari pekerjaan yang anda tangani misalkan: mempunyai bisnis atau kerja sampingan.
  2. Tuntutan tugas: Anda tidak mengetahui prosedur dan instruksi tugas tidak jelas, pekerjaan memerlukan konsentrasi tinggi atau multitasking.
  3. Faktor Organisasi: Merasa tidak jelas tentang peran dan tanggung jawab, merasa tidak nyaman berkomunikasi dengan rekan-rekan dan atasan anda dan dipaksa untuk mengambil jalan pintas/cara lain.
  4. Lingkungan Kerja: Suhu, ventilasi, ruang gerak, jalan keluar, pencahayaan atau tingkat kebisingan, atasan yang tidak peduli dan teman-teman kerja yang saling sikut.
Dari 4 item atas dapat mengambarkan bahwa apa yang dilakukan akan mengakibatkan manusia kesalahan yang fatal dan berakibatkan kecelakaan serius.

Untuk meningkatkan human performance (kinerja manusia) anda bisa melakukan dengan cara:

  1. Lakukan briefing antara atasan dan anggotanya.
  2. Minta bantuan terhadap atasan, teman satu divisi atau rekan kerja tidak mengetahui prosedur dan instruksi kerja.
  3. Minta penjelasan/ klarifikasi terhadap atasan dan rekan kerja.
  4. Tetap fokus pada tanggug jawab yang diberikan.
kalau dilakukan 4 item diatas kecelakaan kerja dan kelalaian dapat di cegah. hasil prosuksi meningkat ditambah human performance (kinerja manausia) meningkat.

Demikian paparan mengenai human performance (kinerja manusia) semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Human Performance (Kinerja Manusia)"