TUJUAN K3- WHAT?

Tujuan K3 untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan selamat bebas dari kecelakaan. Inilah yang menjadi landasan ideal dari program K3 untuk menjaga keselamatan siapa saja yang berada ditempat kerja. Ini tercermin nilai-nilai kemanusiaan atau moral yang ingin dicapai yaitu keselamatan.

Namun demikian, banyak yang tidak memahami atau tahu apa kriteria yang dikatakan sebagai tempat kerja yang aman dan selamat. Mungkin banyak yang menjawab tidak ada kecelakaan (zero Accident).


Ada suatu pertanyaan, kira-kita kriteria tubuh yang sehat? Seorang dokter pasti mempunyai kriteria atau indikator untuk membaca Kesehatan seorang apakah sakit atau sehat, misalnya kadar gula, tekanan darah, HB, suhu tubuh, denyut jantung dan lainnya. Semua parameter ini yang dipakai oleh dokter.


Hal yang sama yang dilakukan oleh seorang ahli K3 bertindak sebagai seorang dokter dalam perusahaan. Ahli K3 sebagai seorang dokter, yang harus mempelajari berbagai aspek dalam tubuh manusia sesuai dengan kriteria atau parameter tubuh sehat. Seorang ahli K3 harus paham bagaimana mencegah kecelakaan, mencegah kebakaran, mencegah peledakan dan mengembangkan kondisi tempat kerja yang aman seperti ventilasi, suhu dan sebagainya. Semuanya harus menjadi bidang keilmuan yang wajib dikuasi oleh setiap ahli K3.


Apa yang akan ditangani dalam mengelola K3 ?


Masih banyak yang kurang memahami apa yang dimaksud dengan tempat kerja yang aman tersebut dan bagaimana kriterianya. Jika dianalogikan dengan tubuh manusia, seorang dokter memiliki kriteria yang jelas, apa yang dinamakan tubuh yang sehat.


Kriteria dan parameter yang diguna oleh dokter untuk menentukan seseorang sakit dan sehat, demikian juga dengan tempat kerja. Sesuatu tempat kerja dinyatakan aman dan sehat jika memenuhi persyaratan tertentu. Hal inilah yang diatur dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1970.


Dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1970, Pasal 3 tentang syarat-syarat keselamatan kerja:

  1. Bebas dari kecelakaan kerja.
  2. Bebas dari kebakaran.
  3. Bebas dari bahaya peledak.
  4. Tersedianya tanggap darurat.
  5. Tersedia P3K.
  6. Tersedia APD.
  7. Keselamatan Lingkungan.
  8. Bebas dari penyakit akibat kerja.
  9. Penerangan yang cukup.
  10. Suhu Udara yang baik.
  11. Penyegaran Ventilasi Udara yang Baik.
  12. Kebersihan, Kerapian dan Keamanan.
  13. Keserasian dengan Alat dan Tempat Kerja.
  14. Keselamatan Angkutan.
  15. Keselamatan Bangunan.
  16. Keselamatan Pergudangan.
  17. Keselamatan Kelistrikan.
  18. Bebas dari Bahaya Lainnya.

Dari 18 persyaratan diatas akan menuju ke tujuan K3 yaitu menuju dan menciptakan tempat kerja yang aman dan selamat.


Demikian semoga bisa menambahkan referensi dan bermanfaat.


Kami ucapkan terima kasih.


Post a Comment for "TUJUAN K3- WHAT?"